Rabu, 24 September 2014

SKRIPSI : ABSTRAK : Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Materi Pokok Listrik Dinamis Pada Siswa Kelas X MA NW Korleko Tahun Pembelajaran 2013/2014

ABSTRAK

          Habib Azhari. 10230014. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Materi Pokok Listrik Dinamis Pada Siswa Kelas X MA NW Korleko Tahun Pembelajaran 2013/2014” Skripsi : Program Studi Pendidikan Fisika, STKIP Hamzanwadi Selong. 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap prestasi belajar fisika materi pokok listrik dinamis pada siswa kelas X MA NW Korleko tahun pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen serta pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Dari hasil pengundian kelas, keluar sebagai kelas eksperimen adalah kelas X.A yaitu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan jumlah siswa 24 orang dan kelas kontrol adalah kelas X.B yaitu menggunakan metode konvensional dengan jumlah siswa 24 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah
Postest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar kognitif dengan metode tes pilihan ganda. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t dua pihak yaitu menggunakan rumus Polled Varian.
Hasil analisis dengan menggunakan rumus uji t dua pihak menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap prestasi belajar fisika materi pokok listrik dinamis pada siswa kelas X MA NW Korleko tahun pembelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji hipotesis dengan uji t dua pihak diperoleh thitung = 3,343 sementara harga ttabel dengan dk = n1 + n2 – 2 = 24 + 24 – 2 = 46  dengan taraf signifikan 5% deperoleh ttabel = 2,015. Kriteria penerimaan Ha adalah thitung ≥ ttabel atau - thitung ≤ - ttabel yaitu 3,343 ≥ 2,015 atau -3,343 ≤ -2,015.

Kata kunci :   Model pembelajarn kooperatif, think pair share, prestasi belajar siswa, dan listrik dinamis.

BACA JUGA LANJUTANNYA : 
BAB I
BAB II
BAB III
BAB IV dan V

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan.